Breaking News

Berjalan 1Km Jokowi Hadiri Haul Abah Guru Sekumpul


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Haul ke-13 ulama karismatik asal Martapura, Kiai Haji Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani atau biasa masyarakat sekitar memanggil Abah Guru Sekumpul di Kelurahan Sekumpul, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Ahad (24/3). Haul Abah Guru Sekumpul dilaksanakan di Mushala Ar-Raudhah.

Presiden di Bandara Syamsudin Noor tiba sekitar pukul 15.28 Wita. Dia ditemani Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Staf Khusus Presiden Johan Budi, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Rombongan disambut oleh Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor, Kapolda Kalsel Brigadir Jenderal Rachmat Mulyana dan Pangdam VI/Mulawarman Mayjen Subianto. Presiden tak langsung menunju haul, tetapi singgah terlebih dahulu di Hotel Novotel Banjarmasin Airport.

Usai berganti pakaian, Jokowi langsung melangsungkan perjalanan darat. Setibanya di jalan menuju Musala Ar Raudah, Jokowi yang mengenakan batik biru, peci hitam, sarung biru dengan strip warna hijau disambut kepadatan jamaah yang akan menghadiri haul. Jokowi pun Jokowi harus berjalan kaki dengan jarak sekitar satu kilometer (km). 

Ribuan jamaah yang telah duduk di ruas jalan yang dipakai Jokowi melintas pun antusias dengan kedatangan Kepala Negara tersebut.  Mereka berdiri dan satu per satu bersalaman dengan Jokowi hingga dia masuk ke dalam gerbang Musala Ar-Raudhah sekitar pukul 17.50 WITA.

Kehadirannya di acara haul ini, Jokowi hanya mengikuti shalat berjamaah dan salawatan. Berbeda dengan kunjungannya ke sejumlah pondok pesantren, Jokowi di sini tidak memberikan sambutan dan hanya beribadah.

Kepala Satuan Bina Masyarakat (Kasat Bimnas) Polres Banjar AKP Amalia H mengatakan untuk pengamanan untuk menjaga keamanan pada haul ini memang sangat ketat. Dengan kedatangan Jokowi maka jumlah pengamanan pun semakin diperketat.

"Ada 2.500 personil yang kami siapkan dari tujuh polres," ujar Amalia, Ahad (25/3).

Tidak ada komentar