Breaking News

David Beckham : Pemain Indonesia Berkualitas, Cuma Kurang di Infrastruktur


Tim nasional Indonesia sulit bersaing di level internasional. David Beckham mengaitkan dengan infrastruktur, sistem pembinaan, investasi pelatih, dan bersenang-senang dengan sepakbola.

Beberapa pemain Indonesia, yang dididik di Tanah Air, berhasil menembus klub Eropa. Tapi, tak bertahan lama.

Alih-alih level Asia, prestasi Timnas di tataran Asia Tenggara juga belum konsisten.

Beckham memberikan saran kepada pemain-pemain Indonesia. Juga masukan untuk pemegang kebijakan. Dia bilang pengembangan prestasi sepakbola harus dilakukan secara bersama-sama, saling dukung satu sama lain.

Poin pertama yang disebutkan Beckham adalah keinginan si pemain. Dia bilang pemain harus bisa nyaman jika ingin berprestasi.

"Well, anda harus menikmati (sepakbola), harus menikmati pertandingannya. Ini adalah olahraga terbesar di dunia. Dan bagaimana kalian merasakannya akan sangat menentukan. Jadi, kalian harus bisa bersenang-senang dan menikmatinya," kata Beckham di acara temu media di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (26/3/2018).

Selain faktor internal, Beckham, berkaca pada penggalamannya, menyebut ada faktor eksternal yang juga harus dibangun untuk mendukung terciptanya prestasi sepakbola Indonesia. Apa saja?

"Bisa dibilang saya beruntung. Saya tinggal di negara yang sistem sepakbolanya sudah bagus. Ada kompetisi dari usia dini dan terus bertahap," Beckham menjelaskan.

"Kami belajar untuk bermain di sebuah pertandingan dan fasilitas yang lebih baik. Mungkin akan sulit di Indonesia karena infrastruktur, saya pikir harus ada peran serta dari industri untuk membangun akademi," ujar dia.

"Tapi saya ingin katakan, ketika pemain Eropa bermain di sini, mereka akan bersaing dengan pemain indonesia yang sangat sulit, mereka kuat dan punya kualitas baik," tutur dia.

Selain itu, Indonesia juga harus berinvestasi pelatih berkualitas. Utamanya untuk kategori pemain muda.

"Saya percaya dalam beberapa poin, ketika kalian berinvestasi lebih baik, dengan peningkatan kepelatihan untuk pemain muda. Tapi, di Indonesia para pemain sudah bermain luar biasa. Masa depan harus cerah dan kita harus optimistis," mantan kapten Timnas Inggris itu menjelaskan.

Tidak ada komentar