Breaking News

Menikmati Sunrise di Lembah Ipukan


Ingin menikmati udara segar dan panorama alam pegunungan yang mengagumkan, tidak ada salahnya jika sejenak berkunjung ke kawasan wisata alam Ipukan Dusun Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Panorama pegunungan dan sejuknya udara di wisata alam di kaki Gunung Ciremai ini, bisa menghilangkan kepenatan pikiran akibat rutinitas kerja. Begitu tiba di Ipukan, anda akan disambut udara dingin yang membuat badan menggigil.

Kawasan bumi perkemahan (Buper) Ipukan, termasuk kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Luas lahannya, mencapai 2 hektar. Ketinggiannya mencapai 1.200-1.400 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sehingga tak jarang banyak orang berdatangan untuk berkemah atau sekedar menikmati spot-spot untuk ber-selfie.

Tak hanya itu, jika berkemah di Ipukan, anda bisa menyaksikan sunrise. Di malam hari, lampu gemerlap kota bisa disaksikan dari ketinggian Ipukan. Serta gemerlap bintang-bintang di malam hari, melengkapi isi waktu liburan anda di wisata alam Ipukan, Kabupaten Kuningan.

Seperti dialami Ririn Karina Nuraeni, 24, warga Desa Cikubangsari, Kecamatan Kramat Mulya, Kuningan itu sesekali mengisi waktu liburannya di Buper Ipukan. Rutinitas waktu kerja yang padat, membuatnya harus meluangkan akhir pekan untuk menyegarkan pikiran.

"Saya ke sini untuk meluangkan waktu akhir pekan, agar pikiran segar dan sejenak meninggalkan aktivitas keseharian. Saya orang Kuningan, tapi liburan di sini tidak membosankan," ujarnya kepada JawaPos.com, Sabtu (24/3).

Menurutnya, harga tiket masuk ke kawasan wisata alam Ipukan sendiri tidak begitu mahal, cukup dengan Rp15 ribu saja bisa bebas menikmati panorama alam pegunungan yang memanjakan mata.
"Di sini asik sih buat selfie di ketinggian. Pemandangannya bagus," tuturnya.

Hal serupa disampaikan, Iha, 26, warga Desa Tegalgubug, Kabupaten Cirebon itu memilih mengisi liburan akhir pekan di kawasan wisata Ipukan. Menurutnya, selain melepas penat dari kebisingan kota, dirinya hobi dengan aktivitas di alam bebas.

"Di sini kalau malam asik juga, sambil nyalain api unggun bisa lihat bintang. Paginya lihat sunrise," tuturnya

Tidak ada komentar