Breaking News

Sambut Hari Nyepi, Kominfo Imbau Operator Seluler Untuk Offline


Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan bahwa pihaknya mendukung seruan Majelis-Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali Tahun 2018.

Hal itu terkait dengan pelaksanaan Hari Raya Nyepi yang berlangsung tanggal 17 Maret 2018 yang diusulkan tanpa internet. Dirjen PPI Ahmad M. Ramli menyatakan Kominfo telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk melaksanakan beberapa poin penting.

"Kami melalui direktorat penyiaran telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 369 Tahun 2018 tentang imbauan tidak bersiaran (Off Air) pada Hari Raya Nyepi 2018 di Bali," ungkap Ramli usai acara Forum Merdeka Barat 9 di Kominfo, pada Rabu (14/3).

Kominfo melalui Direktorat Telekomunikasi pun mengeluarkan Surat Edaran Nomor 378 Tahun 2018 tentang imbauan untuk melaksanakan seruan bersama majelis agama dan keagamaan Provinsi Bali 2018.

Dalam surat edaran tersebut Kominfo meminta dua hal. Yang pertama, seluruh penyelenggara telekomunikasi yang menyediakan layanan akses internet untuk mematikan internet pada 17 Maret 2018 sejak pukul 06.00 WITA - 18 Maret pada pukul 06.00 WITA. Imbauan ini diberikan di samping langkah-langkah lain yang sudah ada sebelumnya untuk mendukung Hari Raya Nyepi.

"Namun operator harus tetap menjaga kualitas layanan akses internet untuk obyek-obyek vital serta layanan kepentingan umum lainnya yang menurut sifatnya harus tetap berlangsung seperti rumah sakit atau hotel-hotel," katanya.

Pada poin keduanya, Kominfo meminta masyarakat dan penyelenggara jasa telekomunikasi melakukan langkah-langkah untuk menghindari dan menangkal hoax dan konten negatif.

Ramli menekankan bahwa tujuan untuk menjalankan seruan ini adalah agar pemeluk agama Hindu dapat melaksanakan ibadah lebih khusyuk.

Tidak ada komentar