Breaking News

Study Murah Tapi Tidak Murahan


“Tuntutlah ilmu hingga ke negeri Tiongkok,” begitu kata pepatah. Meski pepatah ini sudah diucapkan sejak dahulu kala, penerapannya pun masih dilakukan oleh banyak orang.

China, atau Tiongkok sudah menjadi alternatif untuk para pelajar dalam melanjutkan jenjang pendidikan mereka. Beberapa tahun belakangan ini, terjadi peningkatan jumlah pelajar yang melanjutkan sekolah ke negeri Tiongkok.

Pemilihan Tiongkok sebagai negara tempat mereka melanjutkan studi salah satunya dikarenakan Tiongkok saat ini adalah negara dengan ekonomi terbesar di dunia setelah USA, bahkan sedang “mengancam” posisi USA. Ekspor telah merajai dunia, setiap hari kehidupan kita tidak terpisahkan dengan produk-produk dengan label “Made in China”.

Besarnya pengaruh perekonomian Tiongkok diseluruh dunia, termasuk Indonesia, membuat peluang bisnis/ekonomi yang ditawarkan pun sangat menggiurkan.

Selain itu, bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang sangat penting di dunia, sebagai bahasa yang paling banyak dipakai sekitar 1,3 milyar orang di dunia, dibandingkan bahasa Inggris yang hanya 326 juta orang. Jumlah yang mencapai 4 kali lipat bahasa Inggris ini menandakan kita dapat terus berkomunikasi dengan lebih banyak manusia di bumi ini. Seperti kata pepatah lain, “Language is power!”

Biaya pendidikan di Tiongkok juga tergolong murah, namun tetap dengan mutu pendidikan yang bagus. Murah belum berarti murahan. Kalimat ini berlaku untuk pendidikan di Tiongkok, tidak perlu biaya mahal dan tetap mendapatkan pendidikan dengan kualitas terbaik. Hal ini karena pemerintah memberikan subsidi pada sekolah dan para pelajar. Bahkan, pelajar asing pun disubsidi oleh pemerintah Tiongkok.

Biaya pendidikan yang murah namun berkualitas ini juga diikuti dengan biaya hidup yang murah. Biaya seperti makan, transport, akomodasi, dan lain-lain masih lebih terjangkau dibandingkan kota-kota besar di Indonesia.

Melanjutkan studi di Tiongkok, para pelajarnya tidak hanya mendapatkan pendidikan dengan mutu yang baik, tapi juga dapat membangun koneksi, baik pertemanan yang mungkin akan berkembang menjadi koneksi kerja. Para pelajarnya pun juga bisa mempelajari dan merasakan langsung budaya dan adat istiadat setempat, serta seluk belik negara yang ditinggali selama bersekolah. Karena budaya dan adat istiadat juga bisa membantu membangun soft skill dari para pelajar.

Dengan bersekolah di Tiongkok (dengan uang kuliah dan biaya hidup yang tidak berbeda jauh dengan di Indonesia), kita mendapatkan banyak hal yang tidak kita dapatkan jika berkuliah di Indonesia atau di negara lain seperti kemampuan bahasa Mandarin, berkesempatan memulai bisnis sambil bersekolah di sana, teman dari manca negara, dll. Saat ini pun banyak universitas di Tiongkok yang telah menawarkan program kuliah bergelar menggunakan pengantar bahasa Inggris!

Tak kenal maka tak sayang! Untuk lebih memperkenalkan seluk-beluk pendidikan Tiongkok, Cerdas Bangsa College (CB) kembali menyelenggarakan pameran pendidikan (Study in China Exhibition 2018) yang bertajuk “Study in China: Great Education, Great Business Opportunities!” Acara pameran ini merupakan acara tahunan Cerdas Bangsa College. Kota-kota yang pernah dikunjungi antara lain: Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, Bandung, Pekanbaru, dan Yogyakarta. Untuk tahun-tahun mendatang, CB akan mengunjungi lebih banyak kota lagi. CB telah berdiri sejak 17 tahun yang lalu dan telah dipercaya oleh ribuan orangtua untuk memberangkatkan putra-putri mereka bersekolah di Tiongkok. Cerdas Bangsa College dipimpin oleh Prof. Maharani Ph.D. (orang Indonesia pertama yang mendapat gelar Doktorat dari Tiongkok, serta memperoleh gelar Profesor dari tiga universitas ternama di Tiongkok). Lokasi Pameran tahun ini bertempat di:

Medan: Grand Aston City Hall Hotel, Sabtu, 24 Maret 2018 (12:00-19:00)

Jakarta: Harris Hotel Kelapa Gading, Minggu, 25 Maret 2018 (13:00-19:30)

Di pameran ini, para calon pelajar dapat berkonsultasi langsung dengan perwakilan dari universitas, hunting beasiswa di pameran dan subsidi biaya hidup, seminar gratis beasiswa di Tiongkok, dan lebih dalam mempelajari seluk-beluk dan keuntungan dari apa yang ditawarkan dengan bersekolah ke Tiongkok.

Tidak ada komentar