Breaking News

Ujicoba Navigasi Lancar, bandara Kertajati Siap Beroperasi


Uji coba navigasi melalui Penerbangan Kalibrasi di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, sukses dilakukan pada Kamis (29/3/2018). Bandara itu pun telah siap untuk beroperasi.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso. Ia mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan sertifikasi agar bisa memenuhi aturan keselamatan, kenyamanan, dan keamanan saat beroperasi nanti. Rencananya Bandara Kertajati beroperasi pada Mei 2018.

"Dengan demikian keberhasilan penerbangan perdana ini wajib disyukuri dan disambut baik. Kami sebagai regulator penerbangan akan terus secepatnya melakukan proses sertifikasi sehingga bandara bisa dioperasikan sesuai target dan terjamin keselamatan, keamanan dan kenyaman penerbangannya," ujar Agus dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/3/2018).

Ia menjelaskan Penerbangan Kalibrasi ini adalah penerbangan perdana di Bandara Kertajati. Penerbangan tersebut untuk memastikan kesiapan runway dan peralatan-peralatan lain di sisi udara suatu bandara. Dengan keberhasilan penerbangan ini, bisa dikatakan sisi udara bandara siap untuk dioperasikan.

Penerbangan tersebut dilakukan oleh Balai Kalibrasi Fasilitas Penerbangan Ditjen Perhubungan Udara yang bekerjasama dengan AirNav Indonesia dan pengelola Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Agus menilai keberhasilan penerbangan perdana itu penting mengingat keberadaan Bandara Kertajati yang sudah sangat dinantikan.

BIJB nantinya akan melayani transportasi udara bagi sebagian masyarakat Jawa Barat dan Jawa Tengah dan mengurangi kepadatan lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno Hatta, di samping sebagai bandara embarkasi haji wilayah Jawa Barat.

Keberadaan bandara yang terletak di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat itu diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dengan meningkatkan sektor pariwisata dan sektor-sektor lainnya.

Sebelumnya diberitakan, Pesawat Beechcraft King Air B350-i berhasil mendarat sempurna di atas landasan pacu Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), pada Kamis (29/3/2018). Pesawat tersebut menjadi yang pertama mendarat di BIJB.

Pesawat lepas landas dari Bandara Husein Sastranegara Bandung pada pukul 08.16 WIB dan landing di Bandara Kertajati pada pukul 08.21 WIB. Pesawat kemudian take off dari Bandara Kertajati pada pukul 10.25 WIB untuk pengecekan fasilitas pendaratan PAPI. Pengecekan selesai pada pukul 11.51 WIB dan pesawat mendarat.

Landing pertama tersebut merupakan serangkaian pengujian kalibrasi terhadap instumen alat navigasi. Hal ini dilakukan untuk mencari formulasi panduan pesawat saat melakukan penerbangan selanjutnya di Bandara Kertajati. Selanjutnya akan dilakukan validation flight untuk IFP sesuai AIP Bandara Kertajati yang sudah di publikasikan.

Tidak ada komentar