Breaking News

Jauh Kedalam Hutan, Air Terjun Salu Otu Masih Perawan


SEBELUMNYA bernama Kabupaten Mamuju Utara dan kemudian berganti nama jadi Kabupaten Pasangkayu, daerah yang masih menjadi bagian dari Provinsi Sulawesi Barat tersebut ternyata memiliki potensi pariwisata yang cukup bagus. Bagaimana tidak, ada beberapa destinasi wisata alam yang masih alami, jarang terjamah wisatawan, dan belum populer di kalangan traveler.

Salah satu destinasinya yaitu Air Terjun Salu Otu. Bila dibandingkan dengan air terjun yang ada di daerah lain di Indonesia, Salu Otu cukup istimewa. Pasalnya, warga baru beberapa bulan lalu menemukannya di tengah hutan, dan cukup jauh dari permukiman warga, sehingga bisa dibilang masih perawan.

Air terjun setinggi 30 meter yang masih jarang terjamah tersebut secara administrasi berada di Desa Wulai, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat. Jika penasaran dan hendak mengunjungi Air Terjun Salu Otu, maka wisatawan harus berkorban terlebih dahulu.

Sebelum bisa menjamah dan merasakan kesegaran air terjun, wisatawan harus terlebih dahulu berjalan kaki sekira dua kilometer, ditambah dengan medan yang cukup menantang karena harus melewati bebatuan besar dan jalan yang terjal. Tapi, tenang saja biarpun begitu, pemandangan yang tersaji sepanjang perjalanan akan membuat lelah dan panjangnya perjalanan tidak terasa.

Setibanya di Air Terjun Salu Otu, para wisatawan bisa langsung menyentuh, cuci muka, dan merasakan segar serta dinginnya air terjun. Bagi wisatawan yang ingin berenang-renang kecil atau sekadar santai merendam kaki di air, ada sebuah kolam alami yang menampung air terjun seluas 10x10 meter dan dalamnya sekira 10 meter.

Air Terjun Salu Otu hanyalah satu dari berbagai destinasi wisata alam yang ada di Pasangkayu. Masih ada beberapa destinasi wisata alam lainnya, seperti Air Terjun Barubu, Air Terjun Kaluku Nangka, Goa Lawah, Pantai Pasangkayu, Pantai Cinoki, dan masih banyak yang lainnya.

Meskipun pembangunan daerahnya belum merata dan maksimal, tapi Pasangkayu bisa jadi destinasi liburan yang sempurna, terutama bagi wisatawan yang mencari daerah dengan suasana yang masih alami, bersih, dan sunyi.

Tidak ada komentar