Breaking News

Suka-duka Tour Guide Raja Ampat

sumber : raja-ampat.biz
Raja Ampat - Pemandu wisata menjadi sumber informasi utama saat berkeliling di destinasi tujuan. Apalagi ke salah satu spot favorit Indonesia.

Dua di antaranya bernama Edo dan Mukhsin. Mereka sudah menjadi pemandu wisata selama kurang lebih 8 tahun dan memiliki cerita suka duka yang telah dijalani.

"Untuk kami di Papua, khususnya di Raja Ampat, khususnya saya pribadi sangat baik tapi kadang juga tidak baiknya karena di saat mungkit spot-spot yang lain mungkin tidak bisa kami singgahi karena cuaca, tapi selama ini perjalanannya berjalan sesuai dari schedule dari para travel," ujar Mukhsin.

Imbuh Edo, ia juga merasakan hal yang sama sebagai tour guide. Ada beberapa force major yang terkadang tidak bisa dihindari.

"Untuk tour guide ya suka dukanya ada. Jadi terkadang di perjalanan ada istilahnya kendala-kendala mesin trouble apalah itu, tapi itu semua bisa di atasi," tambah Edo.

Kadang kala, masalah tidak hanya terjadi karena kejadian alam. Beberapa turis sering komplain di momen-momen yang tidak dapat diprediksi.

"Ya terkadang ada, kalau itu kan hal yang biasa dalam perjalanan. Banyak sekali permintaan, tapi istilahnya kami sebagai tour guide siap melayani para wisatawan," ujar Edo.

Tetapi, hal tersebut bukan masalah besar bagi mereka. Selama pelanggan senang, mereka pun juga ikut senang.

"Buat kami pelayanan itu yang utama, kepuasan, kesenangan tamu itu utama," ujar Edo.

"Senang sekali, senangnya sama-sama lah. Tapi tamu yang kami antar itu rata-rata puas lah dengan pelayanan kami," tambahnya.

Seperti diketahui, Raja Ampat merupakan salah satu destinasi populer di Indonesia. Keindahan alamnya sungguh memesona, biaya yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit.

Tidak ada komentar