Breaking News

Survei BI: Jelang Idul Fitri, industri pengolahan tumbuh paling tinggi di triwulan I


Bank Indonesia (BI) mencatat, berdasarkan hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU), kegiatan usaha pada triwulan I-2018 meningkat dari triwulan IV-2017. Peningkatan tersebut tercermin dari angka Saldo Bersih Tertimbang (SBT) kegiatan usaha per sektor ekonomi sebesar 8,23 persen, lebih tinggi ketimbang triwulan sebelumnya sebesar 7,40 persen.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Statistik BI, Yati Kurniati, mengatakan sektor yang tercatat mengalami kenaikan ialah pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan dan perikanan, dan sektor industri pengolahan. Sektor lainnya tercatat mengalami penurunan namun tidak signifikan.

"Peningkatan kegiatan usaha terutama terjadi pada sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan dan perikanan, dan sektor industri pengolahan," kata Yati dalam jumpa pers di Gedung BI, Jakarta, Kamis (12/4).

Peningkatan tertinggi, lanjutnya, terjadi pada sektor industri pengolahan dari semula minus 0,12 menjadi 2,17. Sementara penurunan tertinggi terjadi pada sektor perdagangan, hotel dan restoran.

Yati menjelaskan, sektor industri pengolahan mengalami kenaikan signifikan disebabkan meningkatnya produksi tekstil menjelang Idul Fitri. Sementara perdagangan, hotel dan restoran mengalami penurunan sebab pada triwulan sebelumnya adalah musim liburan.

Yati mengungkapkan, pada triwulan II-2018, kegiatan usaha diperkirakan melanjutkan peningkatan, terutama didorong oleh penguatan permintaan dan faktor musiman Ramadan dan Idul Fitri. "Ke depan, ekspansi kegiatan usaha diperkirakan akan terus berlanjut."

Survei ini dilakukan pada 3.200 perusahaan yang memiliki omset minimal Rp 2,5 miliar per tahun.

Tidak ada komentar