Breaking News

Ribuan Crosser Sepakat Datang ke Garut, Jelajahi Perkebunan dan Nikmati Keindahan Alam



BANDUNG - Sekitar tiga ribu crosser dari berbagai daerah di Indonesia akan menjelajahi perkebunan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, dalam acara Trail Adventure Bike Week, Sabtu (14/4).

"Ada tiga ribu lebih crosser akan menjelajahi perkebunan untuk memeriahkan event besar di Garut ini," kata Ketua Pelaksana Bike Week saat jumpa pers di Garut, Rabu (11/4/2018).

Ia menuturkan, kegiatan itu merupakan kerja sama Kepolisian Resor Garut dan TNI yang akan dihadiri Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto.

Kegiatan itu, kata dia, dipusatkan di kawasan Markas Yonif 303 Cibuluh, Kecamatan Cikajang, dengan jalur yang disiapkan untuk para crosser yaitu melewati Perkebunan Cisaroni dan Perkebunan Papandayan. "Jalurnya memang full perkebunan teh, tidak ada sungai atau jalur batu," katanya.

Ia menyebutkan, jalur untuk kegiatan sepeda motor trail itu dibagi dua zona yaitu A dan B untuk Zona A akan dilalui oleh Kapolda Jabar dan unsur pimpinan TNI, dan tim rombongannya untuk melakukan perjalanan sambil memberikan bantuan kepada masyarakat yang dilewatinya. "Rencananya Kapolda akan memberikan bingkisan kepada masyarakat yang berada di sekitar track Zona A," katanya.

Jalur Zona B, kata Ato, khusus para peserta sepeda motor trail dengan panjang jalur 60 kilometer yang melewati perkebunan wilayah Kecamatan Cikajang, dan Kecamatan Pamulihan.

"Untuk Zona B sendiri panjang tracknya sepanjang 60 kilometer, jalurnya dari Cikajang, masuk perkebunan lalu masuk ke Pamulihan, estimasi waktu diperkirakan empat jam, jadi sore para crosser sudah masuk lagi ke arena event," katanya.

Ato menambahkan, acara tersebut tidak hanya diikuti oleh crosser, tetapi akan diikuti oleh komunitas sepeda motor gede yang berjumlah sekitar dua ribuan pemotor dari berbagai daerah. "Kami prediksi akan ada lebih dari lima ribu bikers yang datang ke Garut, di antaranya para crroser dan motor gede," kata pemilik industri Dodol Picnic itu.

Menurut dia, Garut Bike Week tersebut baru pertama kali diselenggarakan yang nantinya akan memberikan kesan selama mengikuti kegiatan tersebut.

Konsep yang disajikan, kata dia, yaitu "Family Gathering", para pecinta sepeda motor akan membawa keluarganya untuk mengikuti rangkaian acara tersebut. “Nanti akan ada berbagai event yang lain karena ini konsepnya 'family gathering', sambil para ayahnya main motor cross, maka keluarganya ada kegiatan lain di area event," katanya.

Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Budi Satria Wiguna menambahkan, jajarannya sudah siap untuk melakukan pengamanan di lokasi acara, termasuk mengatur arus lalu lintas yang diprediksi akan terjadi kepadatan arus lalu lintas. "Tentunya kami sudah perkirakan (kemacetan) dengan banyaknya para biker yang datang ke Garut," katanya.

Ia berharap, acara tersebut memberikan dampak yang positif untuk Kabupaten Garut, terutama dalam mendongkrak potensi pariwisata di Garut dengan mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah. "Kami angkat Garut ini menjadi sesuatu yang berkesan bagi wisatawan," katanya.

Tidak ada komentar