Breaking News

Preview Jerman vs Arab Saudi: Kembalikan Kehebatan Tim Panzer


LEVERKUSEN—Rentetan hasil buruk menghantui persiapan Jerman jelang kickoff Piala Dunia. Kalau ingin sedikit rileks, mereka harus berpesta gol kontra Arab Saudi, dinihari nanti.
MENJADI uji coba terakhir, kemenangan atas Arab Saudi menjadi harga mati Der Panzer. Meski secara kualitas Arab Saudi jauh di bawah mereka, kemenangan akan menjadi spirit tersendiri bagi pasukan Joachim Loew sebelum terbang ke Rusia.
Sejak pertengahan November tahun lalu, Jerman memang seperti kehilangan kehebatan mereka. Dari lima uji coba sejak kualifikasi Piala Dunia berakhir, mereka tak meraih satu pun kemenangan.
Bahkan, dalam dua pertandingan terakhir juara Piala Dunia 2014 itu tak berkutik atas lawan-lawannya. Setelah dipermalukan Brasil di Berlin pada 23 Maret, mereka kemudian ditekuk Austria dengan skor 2-1 di Woertherseestadion, Klagenfurt, akhir pekan lalu.
Yang mencemaskan pelatih Joachim Loew sebab penampilan anak asuhnya cenderung menurun. Makanya, pasca kekalahan dari Austria dimana mereka sempat memimpin lebih dulu melalui gol Mesut Ozil di menit ke-11 sebelum Martin Hinteregger dan Alessandro Schoepf membalikkan keadaan di babak kedua Loew secara terbuka melontarkan kekecewaannya.
Menurut Loew, mereka terlalu banyak melakukan kesalahan sendiri dan cenderung kehilangan identitas. “Kami tak menemukan permainan kami. Performa kami mengecewakan. Kami banyak membuat kesalahan. Banyak hal harus dikritisi,” kata Loew dikutip Goal.
Untuk membuat Loew kembali tersenyum, Die Mannschaft, julukan Jerman jelas harus bermain bagus kontra Arab Saudi. Dan melihat sejarah pertemuan kedua negara, pesta gol bukan hal mustahil. Seperti diketahui, Jerman memenangi dua duel mereka kontra Arab Saudi dengan mencetak 11 gol dan tanpa kebobolan.
Loew sendiri menegaskan keyakinannya bahwa Jerman akan siap jelang laga perdana fase grup kontra Meksiko, 17 Juni nanti. “Masih banyak yang harus dilakukan. Tetapi kami tidak akan membuat diri kami gila dan kami tetap tenang. Kami akan berada dalam kondisi yang sangat baik sebelum pertandingan melawan Meksiko,” tegasnya di Toronto Star.
Seperti Jerman, Arab Saudi juga berharap hasil positif di BayArena, dinihari nanti. Karena itu, pelatih Juan Antonio Pizzi yang sudah mencoret lima pemain termasuk playmaker bintang Nawaf Al-Abed, meminta anak asuhnya menunjukkan kinerja baik.
Arab Saudi sendiri menyongsong duel kontra Jerman dengan kekalahan 0-3 dari Peru. “Yang penting adalah kinerja, terlepas dari hasilnya, dan bagaimana tim berkembang. Kami bekerja untuk memberikan kinerja yang bagus melawan Jerman,” kata gelandang Saudi, Abdullah Al-Khaibari di ESPN.

Pada pertandingan ini, Jerome Boateng kemungkinan besar masih absen karena belum sepenuhnya pulih dari cedera. Selain itu, Ozil juga belum pasti bisa bermain setelah dilaporkan mengalami sedikit masalah dengan lututnya. (Goal/Toronto Star/ESPN/amr)
Prakiraan Pemain
Jerman (4-2-3-1): Neuer; Kimmich, Sule, Hummels, Hector: Kroos, Khedira; Muller, Goretzka, Reus; Werner
Pelatih: Joachim Low

Arab Saudi (4-2-3-1): Al Mosailem; Al Shahrani, Motaz Hawsawi, Omar Hawsawi, Al Harbi; Al Khaibri, Al Faraj; Al Abed, Al Jassim, Al Shehri; Al Sahlawi
Pelatih: Juan Antonio Pizzi
Head to head
01/06/02 Jerman 8-0 Arab Saudi
22/02/98 Arab Saudi 0-3 Jerman
Lima pertandingan terakhir Jerman
02/06/18 Austria 2-1 Jerman
27/03/18 Jerman 0-1 Brasil
23/03/18 Jerman 1-1 Spanyol
14/11/17 Jerman 2-2 Prancis
11/11/17 Inggris 0-0 Jerman
Lima pertandingan terakhir Arab Saudi
03/06/18 Arab Saudi 0-3 Peru
28/05/18 Italia 2-1 Arab Saudi
15/05/18 Arab Saudi 2-0 Yunani
09/05/18 Arab Saudi 2-0 Aljazair
28/03/18 Belgia 4-0 Arab Saudi

Tidak ada komentar