Breaking News

Mentan Andi Amran Sulaiman: Desa Jejangkit Muara menjadi Harapan Baru pangan Indonesia


Menteri Pertanian Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman menyatakan, keberhasilan konversi lahan di Desa Jejangkit Muara merupakan pembuktian sekaligus harapan baru sekaligus solusi bagi masa depan pangan Indonesia.

“Kita punya lebih 10 juta hektare lahan rawa dapat dimanfaatkan untuk lahan produksi pangan,”ujar Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman, pada peringatan Hari Pangan Sedunia 2018, di Desa jejangkit Muara, Kabupaten Barito Kuala.

Menurut dia, jika dikelola dengan baik, nilainya bias mencapai  Rp1.000 hingga Rp2.000 triliun untuk pendapatan petani di Indonesia.

Tujuan dari pengembangan lahan rawa lebak di Kalsel, sebut dia,  merupakan solusi permanen saat musim kemarau,  dimana di wilayah lain sedang kemarau justru di lahan rawa lebak seperti di Desa Jejangkit Muara  tetap bisa panen.

Dia menegaskan,  apa yang dilakukan di  Desa Jejangkit Muara, Kabupaten Barito Kuala, Kalsel  merupakan komitmen yang memiliki prosfek besar untuk menjamin ketahanan pangan masa depan.

Terpisah, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat telah membukan lahan rawa lebak seluas 4.000 hektare di Kalsel.

“Luas lahan 4.000 hektare di Kalsel sudah siap tanam dan siap untuk dipanen,”tegasnya.

Dijelaskannya, tidak ada pekerjaan besar yang tidak bisa dikerjakan apabila dikerjakana dengan bergotong royong.

Tidak ada komentar