Breaking News

Relawan Sejuta Teman Tangkal Punya Cara Tersendiri Tangkal Hoax di Tahun Politik


Jakarta - Sejumlah Komunitas relawan yang tergabung dalam Sejuta Teman mengajak masyarakat berani melawan penyebaran hoax yang semakin masif disebarkan selama beberapa tahun terakhir, terutama di media digital.

Ajakan ini disampaikan dalam diskusi bertajuk 'Ngobrol Sore: Gak Pake Hoax' yang diselenggarakan bersamaan dengan peresmian website baru 'Sejuta Teman' di Sekretariat Sejuta Teman, Pejaten, Jakarta Selatan, Rabu (24/10/2018).


Juru Bicara Sejuta Teman, Astri Wulan menjelaskan, website ini nantinya akan digunakan sebagai salah satu media untuk melawan penyebaran hoax di masyarakat.

"Kami membuka kanal 'Lawan Hoaks' yang isinya kumpulan informasi serta berita yang belum jelas kebenarannya, mengidentifikasinya sebagai hoax, dan memberikan data serta fakta sebagai upaya meluruskan informasi yang beredar," kata Astri.

Selain itu, Sejuta Teman juga membuka kanal 'Lapor Hoaks' yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk melaporkan hoax yang ada di sekitar mereka. Ini adalah upaya meningkatkan partisipasi publik untuk melawan hoax yang beredar mulai dari lingkungan terkecilnya.

"Tiap jelang tahun politik, sangat mudah kita menemukan kabar-kabar bohong dan bombastis disebar. Bahkan dari lingkungan terkecil misalnya grup keluarga. Harapannya tentu makin banyak orang yang sadar dan secara aktif melaporkan hoax, bahkan harus dilawan dan diluruskan," kata Astri.



sumber; liputan6.com

Tidak ada komentar