Breaking News

Bupati Tanbu: Usulan Desa Harus Berdasar Prioritas



BATULICIN - Sebagai bagian dari upaya memaksimalkan rencana pembangunan ke depan, semua pihak harus membuat perencanaan yang baik, berupa usulan program kegiatan yang realistis dan berkualitas berdasarkan kebutuhan masyarakat, bukan keinginan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dalam sambutannya saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tingkat Kecamatan Batulicin, Rabu (6/3) di Aula Kantor Desa Sukamaju Kecamatan Batulicin.

Menurutnya, usulan program rencana pembangunan yang disampaikan oleh desa hendaknya berskala prioritas dan berwawasan kebutuhan mendasar dari masyarakat, sehingga hasilnya nanti benar-benar dapat menyentuh keinginan masyarakat banyak.

“Usulan yang disampaikan tidak perlu banyak-banyak, yang terpenting usulan harus bener-benar merupakan skala prioritas masyarakat kita,” ujarnya.

Dikatakan bupati, selama ini yang menjadi kebutuhan publik tidak terlepas dari tiga bidang penting dalam kehidupan masyarakat. Tiga hal tersebut adalah bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

“Visi misi kita sudah jelas, untuk memajukan kesejahteraan masyarakat kita sudah membuat program Tri Dharma Pembangunan, yang bertujuan untuk meningkatkan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur,” papar bupati.

Disamping itu, menurut bupati untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, pemerintah pusat melalui kepemimpinan Presiden Joko Widodo juga meluncurkan sejumlah program yang pro rakyat.

Diantaranya bantuan bedah rumah melalui program satu juta rumah dan bantuan kesejahteraan lainnya yang semuanya untuk kesejahteraan bersama.

Untuk itu, bupati meminta seluruh kepala desa, untuk memperhatikan dan menyosialisasikan program-program bantuan dari pemerintah pusat tersebut, sehingga desa dapat menyerap semua bantuan secara maksimal.

Diakhir sambutanya, bupati mengajak para pemangku kepentingan untuk melakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan, yang kemudian diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan dan kabupaten.

Sumber : Prokal.co

Tidak ada komentar