Breaking News

Penjelasan Koordinator Relawan Haul Guru Sekumpul 2019 Sikapi Kabar Kedatangan Jokowi & Prabowo


MARTAPURA - Penjelasan Koordinator Relawan Haul Guru Sekumpul 2019 Sikapi Kabar Kedatangan Jokowi & Prabowo

Ramai diperbincangkan jagat maya, Jokowi dan Prabowo akan hadir di Haul Guru Sekumpul atau KH Zaini Abdul Ghani Ke- 14 pada Minggu (10/3).

Namun hingga Rabu (6/3) malam, Relawan Haul Guru Sekumpul 2019 belum menerima pemberitahuan resmi kedatangan masing-masing capres, baik dari kubu Jokowi maupun Prabowo.

Koordinator Relawan Haul Guru Sekumpul H Abdel Rahman mengatakan, pihaknya secara resmi menegaskan tidak pernah membuat undangan kepada siapa pun, termasuk Capres dan Cawapres entah dari Jokowi maupun Prabowo.

Seperti haul-haul sebelumnya, pihaknya tidak mengeluarkan undangan dan hanya mengeluarkan pengumuman yang sifatnya pemberitahuan kegiatan haul secara umum.

“Acara haul bakal dihadiri jutaan jamaah dari berbagai daerah, silakan jika mau hadir hanya saja tentu melepas atribut partai politik ataupun sebagai capres dan cawapres. Karena memang kami sudah jauh-jauh hari mewanti-wanti, Haul Guru Sekumpul tidak ada unsur politik, melainkan murni haul,” tegasnya, Kamis (7/3).

Bahkan menurut H Abdel, pihaknya juga sudah bekoordinasi dengan Bawaslu yang melarang radius empat kilometer dari tempat pelaksanaan Haul ke-14 bebas dari Alat Peraga Kampanye. Kalaupun ada maka dihimbau untuk dilepas sementara atau ditutup agar tak terlihat jamaah.

Kembali dirinya menghimbau kesadaran dari para caleg atau politisi agar tidak memanfaatkan Haul ke-14 Guru Sekumpul sebagai moment untuk bersosialiasi politik. Dicontohkannya misalkan membagikan pin caleg, brosur caleg atau sejenisnya diacara Haul maka dilarang keras.

“Sesuai koordinasi kami dengan Bawaslu, jika relawan ada menemukan maka akan melaporkan dan menyerahkan prosesnya ke Bawaslu,” imbuhnya.

H Abdel Rahman pun mengajak semua jamaah, kaum muslimim yang ingin hadir di Haul ke-14 Guru Sekumpul agar bersama-sama menjaga kekhusuan dan kekhidmatan Haul ke-14 Guru Sekumpul.

Hal senada juga diutarakan Imam Ar Raudhah, H Sa’adudin saat rapat persiapan Haul ke-14. Mengajak bersama-sama menjaga kekhusuan haul.

Jalur Jemaah Haul Guru Sekumpul dari Hulu Sungai

Relawan bersama Dishub Kabupaten Banjar dan Dishub Banjarbaru serta kepolisian sudah membuat jalur kedatangan jamaah Haul Guru Sekumpul atau KH Zaini Abdul Ghani ke 14 yang puncaknya pada Minggu (10/3/2019).

Relawan H Abdel Rahman mengatakan, jemaah dari hulu sungai Jalan A Yani untuk jalur bis yang menuju Martapura bisa lewat Jalan A Yani Antasan Pasar Papan, kemudian lurus menuju Martapura Kota.

Setelah itu, belok kiri menuju Jalan Tanjungrema ke titik parkir yang tersedia yakni Gang Pelita, Tahfidz las Darussalam, STAI Ma’had Aly, Puskesmas Martapura 1 Tanjungrema, Jamaluddin- Sultan Adam, Simpangempat Kampung Jawa, sekitaran Kampung Jawa, alunalun Ratu Zalecha- CBS, sekitaran Pasar Martapura.

Dari Jalan A Yani Antasan Pasar Papan juga bisa belok kanan menuju jembatan Pasar Papan, lurus ke Jalan Pangeran Abdurrahman menuju Albasia ke titik parkir yakni stadion Mini Barakat.

Dan, lapangan voli atau basket, gedung juang khusus bus besar, seputaran Jalan Albasia, seputaran Jalan Karangan Putih, Gang Wiryo 1 dan 2, Bauntung Gang Family Gang Abadi, sekitaran perkantoran Pemkab Banjar.



Jemaah dari arah hulu sungai bisa mengambil jalan belok kiri ke Jembatan Pingaranilir, Tambakanyar Ulu, belok kanan menuju Tambak Baru kemudian bisa belok kiri menuju Bincau, belok kanan menuju Indrasari Jalan Sekumpul Ujung. Jamaah yang mengambil rute ini bisa parkir kendaraannya di Jalan Suaka Indah, Jalan Indrasari.

Sedangkan yang mengambil jalur alternatif, belok kiri menuju Pingaranulu Sungaiarafat, bisa melewati Malimali Pandakdaun, belok kiri menuju Indrasari Jalan Sekumpul Ujung, lokasi parkir di Jalan Suaka Indan dan Jalan Indrasari yakni workshop Aman Jagau, Kompleks Barakat dan Indrasari Permai.

Jemaah dari Jalan A Yani belok kiri Jalan H Duan, bisa melewati jembatan Pingaranulu belok kiri menuju Sungai Arafat dan lurus lewat Malimali Pandak Daun hingga menuju Indrasari Jalan Sekumpul Ujung. Lokasi parkir juga di Jalan Suaka Indah dan Jalan Indrasari.

Jemaah dari hulu sungai bisa pula Jalan A Yani belok kanan ke RS PTP Danau Salak, keliukan Lok Gabang- Kubah Datuk Kelampayan.

Selanjutnya bisa belok kiri menuju Kampung Melayu- Pasar Papan- terus belok kanan ke Pesayangan, kemudian ke Jalan Pangeran Abdurrahman menuju Albasia ke titik parkir di stadiun Mini Barakat, lapangan voli atau basket, gedung juang khusus bis besar, seputaran Jalan Albasia, seputaran Jalan Karangan Putih, Gang Wiryo 1 dan 2, Bauntung Gang Family Gang Abadi, sekitaran perkantoran Pemkab Banjar dan sekitarnya.

Atau jemaah dari keliukan -Lok Gabang- kubah Datuk Kelampayan bisa lurus menuju jembatan dalam pagar terus belok kiri ke Kertakbaru Telukselong- Kampung Keramat.

Jemaah bisa mengambil jalan lurus menuju Pesayangan belok kanan ke Jalan Pangeran Abdurrahman menuju Albasia atau dari Kampung Keramat bisa belok kanan ke Tungkaran terus belok kiri ke Sungaisipai menuju Jalan Veteran.

Parkiran bisa di Pusat Pertokoan Sekumpul, seputaran Menteri Empat Mufakat, belakang rumah sakit Ratu Zalecha, samping SPBU, seputaran Jalan Veteran dan sekitarnya.

Jalur Jemaah Haul Guru Sekumpul dari Banjarmasin dan Sekitarnya

Demi kelancaran pelaksanaan Haul ke-14 KH Zaini Abdul Ghani atau dikenal Guru Sekumpul yang puncaknya pada Minggu (10/3) mendatang, Tim Relawan bersama Dishub Kabupaten Banjar dan Dishub Banjarbaru serta kepolisian sudah memetakan jalur bagi jamaah saat datang dan pulang.

Begitu pula untuk lokasi parkir sudah dipetakan agar mengurangi kemacetan.

Relawan Haul Ke-14 Guru Sekumpul, H Abdel Rahman memaparkan, arus khusus jamaah dari Banjarmasin, Banjarbaru, Pelaihari dan Sungaitabuk.

Untuk jalur kedatangan jamaah dari Kotabaru, Pelaihari, Cempaka, masuk melalui Jalan Mistar Cokrokusumo, belok kanan ke Kelapa Gading, Jalan Jeruk menuju Sungaiulin selanjutnya bisa belok kiri jalan tembus tol Sungaiulin dan bisa memarkir kendaraan di Sekumpul Raya Muhibbin, Samping Kali Benawa, Alkah Muhibbin 4, Alkah Mahabbah, seputaran puskesmas Sungaiulin.

“Bisa pula Jalan Trikora, kemudian belok kiri ke Jalan Mistar Cokrokusumo, lurus ke Jalan Jeruk menuju Sungaiulin, kemudian belok kiri ke Sekumpul Raya dan bisa parkir kendaraan di Sekumpul Raya Gunungronggeng, Sekumpul Indah Gunungronggeng,” katanya.

Lanjur H Abdel, jamaah yang lewat Jalan A Yani bisa lurus ke bundaran simpangempat Banjarbaru lurus ke Jalan PM Noor Sungaiulin, kemudian bisa belok kiri Jalan Budi Waluyo dan lokasi parkir di Pendidikan Bersatu, Blok Citra, Kampungbaru, Berkat Tawakal, Kompleks Wijaya Borneo, Budi Waluyo.



Sedangkan jamaah dari Banjarbaru atau jamaah yang melewati Jalan Panglimabatur jalur utama bisa belok kanan ke Jalan STM menuju A Yani, belok kiri menuju Mentaos selanjutnya bisa belok kiri masuk ke Jalan Menteri Empat menuju titik parkir di Sa’adah, Rahayu, Qardhan Hasanah, guest house belakang, wisma Sultan Sulaiman, Kompleks HB Putra, Menteri Empat dan sekitarnya.

Sedangkan yang mengambil jalur alternatif dari Jalan Panglimabatur belok kiri ke Jalan Rahayu menuju A Yani, setelah di Jalan A Yani putar balik menuju titik parkir di Pendidikan depan, Alaban depan dan Alaban Ami, Taman Bunga Asri, Kampungbaru dan sekitarnya.

Jemaah yang lewat Jalan Karanganyar bisa belok kiri ke Jalan Taruna Praja, bisa belok kanan ke Jalan Gotongroyong menuju Jalan Perjuangan kemudian belok kanan ke Jalan Veteran atau dari Jalan Taruna Praja lurus menuju Sungaisipai, belok kanan menuju simpang tiga Sungaisipai, keluar di Jalan Veteran dengan lokasi parkir di Pusat Pertokoan Sekumpul, Albasia, Mufakat atas dan sekitarnya, belakang RS Ratu Zalecha, samping SPBU, Mufakat dan sekitarnya, Sungaisipai dan sekitarnya.

Jemaah dari Sungaitabuk, Jalan Kertakbaru Simpangempat Keramat, belok kanan ke Tungkaran, selanjutnya lewat Sungaisipai belok kiri menuju simpangtiga Veteran.



Atau lurus menuju Pesayangan, belok kanan ke Jalan Pangeran Abdurrahman menuju titik parkir di Albasia, atau memarkir kendaraan di stadiun Minibarakat, lapangan voli atau basket, khusus bis besar di gedung juang, seputaran Jalam Karangan Putih, Gang Wiryo satu dan dua, Bauntung Gang Family- Gang Abadi, perkantoran Pemkab Banjar, Keraton- Pesayangan, Kampung Melayu dan sekitarnya.

Jamaah Sungaitabuk bisa pula lewat jalur Jalan Pekauman pinggir sungai, depan Pondok Pesantren Darussalam Jalan Mesjid melewati terowongan, Jalan Mesjid belok kiri menuju titik parkir di Alunalun Ratu Zalecha, CBS dan Pasar Batuah, halaman Masjid Al Karomah.

Atau dari Jalan Pekauman pinggir sungai belok kanan ke Jalan Jamrud menuju A Yani, langsung menuju titik parkir yang ada di Taisir, Kompas dan sekitarnya, STAI dan Ma’had Ali, Jalan Barintik, Jalan Perintis, Kampung Jawa dan sekitarnya, Sultan Adam dan sekitarnya.


Sumber : Tribunbanjar.com

Tidak ada komentar