Breaking News

Ribuan Relawan dari 22 Negara di Eropa Siap Menangkan Jokowi-Amin



Eropa membara! Inilah setidaknya yang tergambarkan dari ramainya sorak-sorai dukungan terhadap Jokowi di daratan Eropa pada Minggu (3/3/2019) kemarin.

Ya, sebanyak 1.200 relawan dari sejumlah negara di Eropa dikabarkan telah menggelar deklarasi dukungan terhadap pasangan Jokowi-Amin di Piplres 2019. Digelar di Grand Slam, Event Plaza, Rijswijk, Den Haag, Belanda, acara ini dihadiri Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di sebanyak 22 negara di Eropa, seperti Norwegia, Swedia, Jerman, Italia, Belanda, Inggris, dan sebagainya.

Di acara deklarasi yang bertitel "Eropa Tetap Jokowi" ini, sejumlah politikus Tanah Air yang merupakan tokoh Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Amin dihadirkan, seperti Budiman Sudjatmiko, Tsamara Atmany, Okky Asokawati, Ruhut Sitompul, dan sebagainya.

Menurut Ketua Cakra 19 Andi Widjayanto, dalam acara tersebut Jokowi dan Luhut Binsar Pandjaitan juga menyapa para WNI tersebut secara virtual melalui sebuah video.

"Pak Jokowi menyampaikan salam dan terima kasih atas dukungan para relawan di Eropa. Sementara Pak Luhut menyampaikan hasil kerja Jokowi selama menjabat sebagai presiden," ujarnya seperti dilansir Kumparan.

Dalam video tersebut, Jokowi menyampaikan penghargaannya kepada WNI yang mendukungnya. Dia juga berpesan agar WNI di Eropa menyatukan langkah dan menjaga persatuan untuk Indonesia yang lebih baik.

"Saya senang sekali dapat kabar bahwa bapak, ibu, dan saudara semuanya yang tinggal di berbagai negara di Eropa dapat berkumpul di Belanda guna menyatukan langkah untuk Indonesia maju dan Indonesia lebih baik," tegasnya.

Tak lupa, Jokowi juga berpesan kepada para relawan untuk menyebarkan optimisme. Fakta-fakta yang disampaikan relawan harus bisa membukakan mata dan menghindari kemarahan.

"Sebarkan optimisme yang memberikan semangat pada jiwa kita semua. Saudara tidak hanya berjuang untuk kemenangan Jokowi-Amin, tapi berjuang menjadikan Indonesia menjadi bangsa yang besar," pesannya.

Bukan cuma sekedar deklarasi dukungan, dalam acara tersebut juga digelar dengan talkshow yang membahas tentang kinerja Jokowi, strategi antihoaks, dan gaspol untuk menang tebal di Pilpres 2019. Program ini diisi oleh para tokoh TKN yang hadir dengan pemaparan yang santai dan berisi.

Sebagai salah satu tokoh yang hadir, Tsamara mengaku antusiasme WNI di Eropa terhadap Jokowi sangat tinggi. Hal ini bisa menurutnya bisa dilihat dari tiket acara yang dijual langsung habis dalam sekejap.

"Seluruh WNI Eropa berbondong-bondong menuju Den Haag untuk menunjukkan dukungan mereka kepada Pak Jokowi. Saya kan banyak ngobrol dengan mereka, saya tanya kenapa dukung Pak Jokowi? Mereka bilang senang sekali Tanah Air bergerak menuju kemajuan. Bagaimanapun juga para WNI yang tinggal di luar negeri sangat mencintai Indonesia," ujar politisi PSI ini seperti diberitakan Merdeka.

Pengakuan Dunia Internasional

Harus diakui, dukungan WNI di Eropa memang terbilang sangat deras untuk Jokowi. Jauh-jauh hari sebelum adanya deklarasi ini, tepatnya Sabtu (23/6/2018) silam, sekelompok relawan dari 11 negara di benua tersebut telah lebih dulu mendeklarasikan dukungannya terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut untuk kembali menjadi presiden.

Seperti dilansir Tempo, relawan tersebut berasal dari Belanda, Belgia Hungaria, Inggris, Islandia, Jerman, Norwegia, Prancis, Swedia, Swiss, dan Yunani. Dukungan relawan dalam acara tersebut juga mengalir dari Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman), Gerakan Wadyabala Jokowi, Teman Jokowi, Bravo 5, Galang Kemajuan Jokowi, Barisan Relawan Jokowi, Rumah Jokowi, Ahok Jokowi Djaror Supporter, dan sejumlah organisasi lainnya.

Menurut Sinta Dwi, selaku Koordinator Umum Komoditas Indonesia, dukungan tersebut diberikan demi Indonesia yang lebih baik lagi. Dia mengatakan, dukungan ini muncul karena kepemimpinan Jokowi mendapatkan pengakuan dunia internasional di segala bidang, seperti politik, ekonomi, budaya pertahanan, dan keamanan.

"Kepada sahabat, saudara kami di mana pun, bersama-sama kembali mendukung Jokowi sebagai presiden selanjutnya," tegasnya.

Jadi, buat kamu yang berada di luar negeri, jangan lupa dukung terus kepemimpinan Jokowi. Demi Indonesia satu yang lebih maju!

Tidak ada komentar